Monday, August 27, 2012

Adobe Illustrator Vs CorelDraw

Posted by Unknown at 5:49 PM
Hai desainer, membicarakan software desain yang telah banyak digunakan oleh orang-orang maupun desainer terkenal di dunia mungkin nama Adobe Illustrator dan CorelDraw sudah tidak asing lagi di dengar oleh kalian. Adobe Illustrator, yakni software besutan adobe ini terkenal di dunia karena bersahabat dengan software adobe lainya sehingga kalian bisa mendesain tanpa batas.

Namun bagaimana dengan kompetitornya? tidak kalah menarik dari Adobe Illustrator, CorelDraw yang terkenal karena user friendly ini juga telah lama di lirik oleh para desainer di dunia khususnya para desainer grafis di indonesia.

Sekarang saya akan memberikan ulasan tentang head to head  antara kedua perangkat lunak vector design tersebut. Menurut pengalaman pertama saya belajar mendesain dengan CorelDraw sangat mengasyikan karena software ini sangat user friendly sehingga mudah untuk di pelajari.

Gambar 1 Interface CorelDraw X4


Terlihat dari sisi interface CorelDraw yang terdiri dari toolbar di sebelah kiri dan memiliki togle warna di sebelah kanan, kelebihan pada CorelDraw ini yakni terletak pada menu HINTS yaitu yang berisikan tutorial saat kita memilih salah satu tools yang disediakan maka Hints akan muncul dengan sendirinya.

Lain halnya dengan CorelDraw, Adobe Illustrator memiliki interface yang tidak begitu user friendly bagi para pemula, interface dari Adobe Illustrator sendiri lebih cenderung mirip seperti interface yang ditanamkan dalam software Adobe lainya yakni Photoshop.

Gambar 1.1 Interface Adobe Illustrator CS4

Berbeda dengan CorelDraw, pengguna Adobe Illustrator akan lebih mudah menemukan kolom layer yang sering di gunakan oleh para desainer grafis untuk mengkoordinasikan layer.

Menurut pengalaman saya Adobe Ilustrator sangat powerful dan memiliki fitur yang sangat lengkap, sebut saja salah satunya yakni Artboard, dengan bantuan Artboard kalian dapat memilih bagian yang akan render atau proses menjadikan file image, dan selain itu Adobe Illustrator juga di bekali dengan beberapa fitur dari Adobe Photoshop.

Setelah beberapa bulan saya menggunakan kedua software tersebut saya dapat menyimpulkan kekurangan dan kelebihan dari kedua masing-masing software desain yang di khususkan untuk pembuatan vector image ini.

CorelDraw

Kelebihan :

1. Sangat menarik dan cepat untuk pengerjaan lay-out.
2. User Friendly.
3. Khusus di negara kita kebanyakan produksi percetakan support CorelDraw Document (.cdr).
4. Fitur Snap to Object sangat membantu dalam pengerjaan desain.

Kekurangan :

1. Hasil warna di sreen computer dengan hasil cetak berbeda jauh. (bergantung pada printer yang dipakai) 
2. Minim Fitur.
3. Kurang dapat meng-handle file yang berukuran besar


Adobe Illustrator

Kelebihan :

1. Fitur lengkap.
2. Bersahabat dengan software Adobe lainya.
3. Dapat membuka file berukuran besar (memakan banyak memory RAM).
4. + Efek Photoshop.
5. Kualitas warna sangat baik.
6. Warna Tampilan interface terbilang sangat nyaman.

Kekurangan :

1. Tutorial sulit ditemukan di dunia maya!


Tips : Pilihlah salah satu dari software tersebut berdasarkan kesukaan anda, karena dalam pengerjaan desain akan sangat sulit jika anda tidak menyukai software yang anda pakai.