Tuesday, December 24, 2013

Cara menggunakan pathfinder adobe illustrator tutorial

Posted by Unknown at 12:44 AM
Pathfinder merupakan salah satu fitur yang tersemat dalam adobe illustrator. Pathfinder menjadi salah satu fitur yang sangat penting dalam mendesain vector pada software adobe illustrator. Pathfinder adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memodifikasi objek yang dapat menyatukan dan membelah objek.

Pada dasarnya penggunaan pathfinder dalam software adobe illustrator sangatlah terbilang mudah dan menyenangkan.
Pertama kita harus memunculkan panel pathfinder dengan cara mengklik menu windows pada bagian top menu adobe illustrator lalu pilih pathfinder (windows > pathfinder) atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan Shift + Ctrl + F9, lalu panel pathfinder akan muncul.

Setelah mengaktifkan panel pathfinder tadi selanjutnya buatlah sebuah objek bebas bisa menggunakan elipse tool atau tekan L .



untuk membuat lingkaran sempurna seperti gambar diatas tekan shift + alt saat membuat lingkaran. Lalu salin atau Copy lingkaran yang tadi dibuat dengan menekan alt + drag kearah kanan lingkaran pertama.



Hasilnya akan seperti gambar diatas setelah itu selek kedua lingkaran tersebut.


Menselek atau memblok kedua objek itu dapat dilakukan juga sambil menekan shift atau Ctrl + A. selanjutnya kita akan mencoba satu persatu fungsi dari patfinder yaitu:

1. Unite
Unite adalah salah satu fungsi pathfinder yang berguna untuk menyatukan beberapa objek menjadi satu objek. Setelah memblok kedua lingkaran tadi kalian bisa langsung menekan unite dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.


2. Minus front
Minus front merupakan fungsi pathfinder yang berguna untuk menghilangkan objek bagian depan dan meninggalkan bekas pada bagian belakang. Seperti sebelumnya untuk menggunakanya kedua objek harus di blok lalu klik Minus Front.




3. Intersect
Fungsi intersect adalah membuat objek baru dari bagian area yang saling menyatu pada kedua objek. Lihat gambar dibawah.


4. Exclude
Exclude pada pathfinder berfungsi untuk mendistorsi bagian tengah antara kedua objek yang saling menempel.


5. Divide
Divide merupakan salah satu fungsi pathfinder yang berguna untuk membelah objek menjadi tiga bagian. Hasil saat men-divide dapat dilihat pada gambar dibawah ini. selanjutnya


6. Trim
Trim berfungsi untuk memotong bagian yang menempel pada kedua objek yang saling besentuhan. Lihat gambar dibawah ini.selanjutnya


7. Merge
Fungsi merge hampir sama dengan fungsi pada Unite yaitu menyatukan objek, yang membedakan kedua fungsi ini yaitu saat menggunakan unite objek akan membuat compound shape tetapi tidak pada merge.


8. Crop
Fungsi Crop sekilas sama dengan intersect yaitu memotong bagian objek yang menepel pada kedua objek namun intersect membuat compound shape sedangkan Crop tidak.


9. Outline
Outline berfungsi membuat kedua objek shape menjadi outline atau objek garis tepi.


10. Minus back
Fungsi Minus back adalah kebalikan dari fungsi Minus Front yaitu menhilangkan objek bagian depan dan menghilangkan bagian dari kedua objek yang saling menempel.



Itulah fungsi dari pathfinder semoga bermanfaat, mari berbagi ke sesama pecinta Adobe illustrator lainya dengan menekan share button.




0 comments:

Post a Comment